Friday, October 21, 2011

SAID BIN AL-MUSAYYIB

Said bin Al-Musayyib(pembesar para Tabi'in). Namanya adalah Said bin Al-Musayyib bin Hazn bin Abi Wahb Ibnu Amr bin A’id bin Imran bin Makhzum Al-Qurasy Al-Makhzumi Al-Madani. Nama panggilannya adalah Abu Muhammad. Beliau adalah pembesar para tabi’in.

Menurut sebagian pendapat, beliau dilahirkan pada saat pemerintahan Khalifah Umar bin Al-Khathab yang sudah berjalan 2-4 tahun. Namun ada yang mengatakan beliau dilahirkan 2 tahun sebelum pemerintahan Khalifah Umar bin Al-Khathab.

Abdul Hakim bin Abdullah bin Abi Farwah mengatakan bahwa Sa’id bin Al-Musayyib meninggal dunia pada usia 75 tahun tepatrnya tahun 94 H di Madinah pada masa pemerintahan khalifah Al-Walid bin Abdul Malik. Tahun dimana beliau meninggal disebut sebagai Sanah Al-Fuqaha’ (tahun bagi para ulama fiqh) karena pada tahun tersebut banyak ulama fiqh yang meninggal dunia.

Para ulama fiqh lain yang meninanggal pada tahun tersebut anatara lain: Abu Bakar Ibnu Abdurrahman bin Al-Harits bin Hisyam bin Al-Mughirah Al-Makhzumi,Zainal Abidin Ali bin Al-Husain Al-Hasyimi yang merupakan ahli zuhud dan pembesar ulama, dan Abu Muhammad Urwah bin Az-Zubair.

2 comments:

  1. gan..infonya kok cuma sedikit...tlong ditambah!makasih

    ReplyDelete
  2. sory..susah nyari referensi yang bhas tokoh ini gan!

    ReplyDelete

Leave Your Comment Here!