Saturday, October 22, 2011

URWAH BIN AZ-ZUBAIR

Namanya Urwah bin Az-Zubair bin Al-Awwam bin Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai Al-Qurassy Al-Asadi. Beliau adalah salah seorang dari 7 ulama fiqh yang terkenal di Madinah.

Khulifah menyebutkan bahwa beliau dilahirkan pada tahun 23 Hijriyah. Menurut Mush’ab bin Abdullah beliau dilahirkan setelah 6 tahun berjalannya pemerintahan Utsman bin Affan. Sedangkan Murrah berkata beliau dilahirkan pada tahun 29 Hijriyah.

Beliau menikah dengan Sudah binti Abdullah bin Umar. Dari Abu Al-Aswad dari Urwah bin Az-Zubair, “Aku telah mengajukan pinangan kepada Ibnu Umar untuk puterinya. Pada saat itu kami sedang melakukan thawaf sehingga dia tak melayani pinangan yang aku ajukan itu.

Ketika Saudah berada di Madinah setelah melakukan thawaf tadi, aku lewat depannya dan Ibnu Umar bertanya, “Apakah kamu yang menginginkan Saudah kemarin?’ Aku menjawab ‘ya.” Ibnu Umar berkata, “kamu mengatakannya saat kita sedang melakukan thawaf, kita sedang menghadirkan Allah SWT dalam hati dan pikiran kita. Apakah kamu ada keperluan dengannya?” Hati-hati kalau bicara tentang hal ini, jangan keras-keras,” Aku menjawabnya.”

Ibnu Umar berkata, “wahai bocah, undanglah Abdullah bin Abdullah dan budaknya Nafi’.” Urwah melanjutkan ceritanya, “ lalu aku katakana kepadanya, “ Apakah aku undang juga sebagian keliuarga Az-Zubair?” Ibnu Umar menjawab,” Tidak perlu.” Aku berkata lagi,” Budaknya Khubaibi?” Dia berkata, “ itu lebih tidak mungkin lagi.”

Kemudian, aku mengundang mereka dan setelah mereka datang Ibnu Umar berkata kepada mereka berdua,” Ini adalah Urwah bin Abi Abdullah dan kalian berdua telah mengenalnya dengan baik. Dia telah mengajukan pinangan terhadap puteriku Saudah dan aku telah setuju untuk menikahkannya sehingga dia boleh dan berhak sebagaimana layaknya seorang muslim dan muslimah untuk saling mempergauli dengan baik atau menceraikannya dengan baik pula. Mereka telah boleh melakukan sesuatu yang sebelumnya dilarang. Apakh kamu menerimanya wahai Urwah?” Aku menjawab,“ ya, aku menerimanya.” Dia berkata,” Semoga Allah memberikan berkah pada pernikahan kalian berdua.

Az-Zubair berkata Urwah bin Az-Zubair meninggal dunia pada usia 67 tahun. Belia meninggal dunia pada tahun 93 Hijriyah dan ada pendapat lain yang menyebutkan beliau meninggal pada tahu 94 Hijriyah. Beliau meninggal dengan meninggalkan banyak harta. Beliau dikubur di Distrik Majah pada hari Jum’at tahun 94 Hijriyah.

2 comments:

  1. kok tanggal lahirnya ada perbedaan..jadi bingung!

    ReplyDelete
  2. memang begitu di berbagai buku..ya dipake semua saja...he..he

    ReplyDelete

Leave Your Comment Here!