Tuesday, October 25, 2011

IMAM ASY SYAFI'I

Namanya adalah Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syafi’ bin As-Saib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim bin Al-Muthalib bin Abdi Manaf  bin Qushay bin Kilab bin Murrah  bin Ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib. Nama panggilannya adalah Abu Abdillah. Nabi bersabda:

إِنَمَا بَنُو الْمُطَلَّبِ، وَبَنُوْ هَاشِم شَىْء وَاحِد

“Sesungguhnya keturunan Al-Muthalib dan Keturunan Hasyim adalah satu”. (HR. Al-Bukhari, 6/616, Abu Dawud, no. 2962, dan An-Nasa'i, 7/130-131)

Menurut Imam An-Nawawi  sesungguhnya Imam Asy Syafi'i adalah termasuk manusia pilihan yang mempunyai akhlak mulia dan mempunyai peran yang penting dalam sejarah Islam.

Beliau dilahirkan di Baitul Maqdis, Palestina pada tahun 150 Hijriah (767-820 M), berasal dari keturunan bangsawan Qurays dan masih keluarga jauh Rasulullah SAW. Dari ayahnya, garis keturunannya bertemu di Abdul Manaf (kakek ketiga Rasulullah) dan dari ibunya masih merupakan cicit Ali bin Abi Thalib r.a. Ketika beliau masih dalam kandungan, kedua orang tuanya meninggalkan Mekkah menuju Palestina, setibanya di Gaza, ayahnya jatuh sakit dan berpulang ke rahmatullah, kemudian beliau dibesarkan oleh ibunya dalam kondisi yang sangat prihatin dan serba kekurangan, pada usia 2 tahun, beliau bersama ibunya kembali ke Mekkah dengan harapan agar tidak terlantar.

Saat berusia 9 tahun, beliau telah menghafal seluruh ayat Al Quran dengan lancar bahkan beliau sempat 16 kali khatam Al Quran dalam perjalanannya dari Mekkah menuju Madinah. Pada usian 10 tahun beliau hafal kitab Al Muwatha’ karangan Imam Malik yang berisikan 1.720 hadis pilihan. Imam Syafi’i juga menekuni bahasa dan sastra Arab di dusun badui bani hundail selama beberapa tahun, kemudian beliau kembali ke Mekkah dan belajar fiqh dari seorang ulama besar yang juga mufti kota Mekkah pada saat itu yaitu Imam Muslim bin Khalid Azzanni. Kecerdasannya inilah yang membuat dirinya dalam usia yang sangat muda (15 tahun) telah duduk di kursi mufti kota Mekkah, namun demikian Imam Syafi’i belum merasa puas menuntut ilmu karena semakin dalam beliau menekuni suatu ilmu, semakin banyak yang belum beliau mengerti, sehingga tidak mengherankan bila guru Imam Syafi’i begitu banyak jumlahnya sama dengan banyaknya para muridnya.

Meskipun Imam Syafi’i menguasai hampir seluruh disiplin ilmu, namun beliau lebih dikenal sebagai ahli hadis dan hukum karena inti pemikirannya terfokus pada dua cabang ilmu tersebut, pembelaannya yang besar terhadap sunnah Nabi sehingga beliau digelari Nasuru Sunnah (Pembela Sunnah Nabi). Dalam pandangannya, sunnah Nabi mempunyai kedudukan yang sangat tinggi, malah beberapa kalangan menyebutkan bahwa Imam Syafi’i menyetarakan kedudukan sunnah dengan Al Quran dalam kaitannya sebagai sumber hukum islam, karena itu, menurut beliau setiap hukum yang ditetapkan oleh Rasulullah pada hakekatnya merupakan hasil pemahaman yang diperoleh Nabi dari pemahamannya terhadap Al Quran. Selain kedua sumber tersebut (Al Quran dan Hadis), dalam mengambil suatu ketetapan hukum, Imam Syafi’i juga menggunakan Ijma’, Qiyas dan istidlal (penalaran) sebagai dasar hukum islam.

Pada usia 29 tahun beliau datang ke Yaman dan orang-orang Quraisy banyak membicarakannya. Maka Gubernur mengangkatnya sebagai sekretris. Di saat inilah beliau beristri dari keluarga Sayyidah Hammidah binti Nafi’, yaitu Haffidah Sayyidina Ustman bin Affan. Beliau dikaruniai satu putra, yaitu Abu Ustman Muhammad dan dua putri, yakni Fatimah dan Zainab.

Beliau Meninggal pada malam jum’at tanggal 28 Rajab tahun 204 H pada usia 54 tahun karena menderita penyakit bawasir. Keesokan harinya, hari jum’at terakhir bulan Rajab, jenazahnya dibawa kerumah Sayyidah Nafisah, wanita ahlul bait Rasulullah. Ia kemudian menyolatinya. Kemudian Jenazahnya dimakamkan di kuburan Bani Zahroh berada, mereka adalah anak-anak Abdullah bin Abdurrahman bin Auf Al-Zuhri. Demikianlah Imam Asy Syafi’i wafat sebagai pahlawan ahli pikir, setelah mengarungi dunianya dengan perjuangan pikiran.

1 comment:

  1. Thanks..postnya bisa bantu tugasq!klu ada yang mau cari puisi, bisa kunjungi blogq...tp msh dlm pngembangan..maklum br bljr...wkkwwk

    ReplyDelete

Leave Your Comment Here!