Saturday, October 29, 2011

RAHMAH EL-YUNUSIYAH

Rahmah El-Yunusiyah(pelopor pendidikan perempuan) adalah ulama asal Sumatra Barat. Ia diahirkan pada Jum’at pagi 20 Desember 1900 atau bertepatan dengan 1 Rajab 1318 di Negeri Bukit Surungan Padang Panjang. Rahmah El-Yunusiyah adalah anak bungsu dari 5 bersaudara yang lahir dari pasangan Muhammad Yunus bin Imanuddin dengan Rafi’ah.

Ayahnya adalah seorang ulama besar yang menjabat sebagai kadi di negari Pandai Sikat, Padang Panjang. Selain itu Ayah Rahmah El-Yunusiyah Juga seorang haji yang juga pernah menuntut ilmu di Makkah selama 4 tahun. Kakeknya memiliki hubungan keluarga dengan Haji Miskin dari Pandai Sikat, yakni seorang Harimau Nan Salapan pada perang Paderi di tahun 1822-1838. Selain itu, ia juga mempunyai hubungan darah dengan Tuanku Nan Pulang di Rao yang merupakan seorang ulama dari Minangkabau yang hidup pada masa Paderi. Sebagaimana kakeknya, ayahnya pun adalah seorang ahli falak sekaligus pemimpin tariqah Naqsabandiyah yang memiliki banyak pengikut.

Garis keturunannya dari pihak ibu berasal dari negeri 4 Angkat, Bukittinggi, Kabupaten Agam yang kemudian turun ke Padang Panjang di negeri Padang Surungan sekitar abad ke-18. Jika dilihat dari segi genetis Rahmah El-Yunusiyah berasal dari suku Sikumbang dengan kepala sukunya  bergelar Datuk Bagindo Ma(ha) Rajo.

Dilhat dari latar belakang keluarganya, Rahmah El-Yunusiyah berasal dari keluarga yang taat pada agama dan termasuk golongan pembaharuan Islam di daerah Sumatra Barat. Oleh karenanya sebagian besar ilmu yang ia kuasai berasal dari didikan keluarganya sendiri. Kakan bungsunya yang bernama Zaenuddin Labay adalah gurunya yang paling banyak menberikan dukungan dan dorongan yang kuat bagi perkembangan mental Rahmah El-Yunusiyah.

Rahmah El-Yunusiyah meninggal dunia dirumahnya pada jam 18.00, hari Rabu 26 Fabruari1969 yang bertepatan  dengan 9 Zulhijjah 1388. Sehari sebelum ia wafat, ia sempat berkunjung ke Gubernur Sumatra Barat yang saat itu adalah Harun Zein dengan tujuan mengharapkan perhatian dari pemerintah untuk memperhatikan sekolahnya. Meninggalnya Rahmah El-Yunusiyah mengejutkan karena beberapa saat sebelumnya ia masih dalam keadaan sehat dan sempat menemui tamunya.



1 comment:

  1. thank, postnya menambah referensi tugas kuliahku

    ReplyDelete

Leave Your Comment Here!